Warna Kristal dan Cakra

Pemakaian jenis kristal untuk penyembuhan, disesuaikan dengan warna cakra yang dituju. Lain halnya dengan clear quartz. Kristal berwarna putih ini sifatnya fleksibel, sehingga dapat digunakan untuk titik cakra mana saja.

- Chakra Mahkota (puncak kepala): Pusat spiritual dan intuisi. Batu Kristal warna ungu: Amethyst, Clear Quartz, Selenite. Fungsi: mempertajam intuisi dan daya spiritual, berpikir bijaksana. Cocok untuk gangguan di sekitar kepala dan gangguan tidur.

- Mata Ajna (ditengah kening): Pusat persepsi kesadaran dan batin. Batu Kristal nila: Amethyst, Fluorite, Sodalite, Lapis Lazuli, Luvulite, Azurite, Saphire. Fungsi: membersihkan dan menyeimbangkan pikiran bawah sadar. Cocok untuk gangguan sakit kepala.

- Chakra tenggorokan: Pusat ekspresi, komunikasi, kreatifitas. Batu Kristal warna biru: Turquoise, Blue Tiger Eye, Amazonite, Aquamarine, Celestite, Chrysocholla, Permata silica, Blue Tourmaline. Fungsi: kemampuan berkomunikasi dan mengungkapkan pendapat. Cocok untuk gangguan di sekitar tenggorokan.

- Chakra jantung: Pusat cinta dan rasa kasih. Batu Kristal hijau: Rose Quatz, Kunzite, Pink Tourmaline, Malachite, Green Aventurine, Peridot, Emerald, Dioptase, Green Tourmaline, Rhodochrosite, Morganite, Pink Calcite. Fungsi: melepaskan tekanan traumatis emosional, mengekspresikan cinta dalam tindakan. Cocok untuk gangguan jantung dan rongga dada.

- Chakra solar plexus (pusar): Pusat kekuatan, elemen api, dorongan ego, emosi, kepercayaan diri. Batu Kristal warna kuning: Jade, Citrine, Amber, Tiger Eye,Topaz, Rytile Quartz. Fungsi: Meningkatkan percaya diri dan semangat. Cocok untuk gangguan di saluran pencernaan ,kandung empedu, ginjal, hati dan menyembuhkan stres

- Chakra abdominal (kelamin): Pusat seks dan aliran bawah sadar akan ketertarikan antara manusia. Batu Kristal warna jingga: Carnelian, Wulfenite, Amber, Ruby, Citrine, Agate atau Tiger Eye. Fungsi: mendorong kita untuk mencintai apa yang kita kerjakan dan pengabdian. Cocok untuk gangguan sistem pencernaan, limpa, pankreas, rahim, dan emosi.

- Chakra dasar (dasar punggung): Pusat pertahanan & energi. Batu Kristal warna merah: Garnet; Ruby, Jasper, Rhodonite, Blood Stone, Hermatite, Smoky Quartz, Black Tourmaline, Black Obsidian, Onyx. Fungsi:  menghubungkan dorongan-dorongan jiwa dalam tubuh dengan bumi untuk meraih kemampuan bekerja secara bersemangat. Cocok untuk gangguan di sistem pembuangan.